Skip to main content

Latihan10 (Pembuatan Aplikasi Office Supply Order) "PART4"

Pembuatan Aplikasi Office Supply Order "PART4"

Pembuatan Form Menu Utama

1. Klik Kanan Pada Package Oso_appNew  ->  JFrame Form



2. isi Class Name : MenuUtama, setelah itu pilih Finish
3. Pada form klik kanan ->Set Layout -> Absolute Layout
4. Klik formà Properties -> CodeForm Size Policy : Generate Resize Code
5. Tambahkan JMenuBar pada Pallete Swing Menus



6. Tambahkan 2 Menu item dengan cara :
Klik kanan pada menu File, pilih Add From Pallete  ->   Menu Item



7. Klik Kanan pada JMenuItem1, pilih Edit Text, ketik LogOut
8.  Klik Kanan pada JMenuItem1, pilih Change Variable Name, Rename menjadi   mnLogout.



9. Lakukan Seperti no 7 dan 8 dengan mengatur JMenuItem2 menjadi :
Edit Text = Keluar
   Change Variable Name = mnKeluar
10. Klik kanan pada Menu Edit, pilih Edit Text, ketik Master












11. Tambahkan 4 Menu item dengan cara :
    Klik kanan pada menu File, pilih Add From Pallete   ->   Menu Item
12. Klik Kanan pada JMenuItem1, pilih Edit Text, ketik Produk
13.  Klik Kanan pada JMenuItem1, pilih Change Variable Name, Rename menjadi   mnProduk.




14. Lakukan langkah 12 dan 13 untuk jMenuItem2, jMenuItem3, dan jMenuItem4, dengan mengganti seperti dibawah ini :
- jMenuItem2, Edit Text = Pegawai, Change Variable Name = mnPegawai
- jMenuItem2, Edit Text = Supplier, Change Variable Name = mnSupplier
- jMenuItem2, Edit Text = Kategori, Change Variable Name = mnKategori

15. Klik kanan pada jMenuBar1, pilih Add Menu

16.Klik Kanan pada jMenu3, pilih Edit Text, ketik Pesanan
17.  Klik Kanan pada jMenu3, pilih Change Variable Name, Rename menjadi mnPesanan.

18. Klik Kanan pada mnLogout, pilih Events  ->  Action ->   actionPerformed



Ketik Script dibawah ini :



private void mnLogoutActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
this.dispose();

        Form_Login Login = new Form_Login();

        Login.setLocationRelativeTo(null);

        Login.setVisible(true);
    }  

19. Klik Kanan pada mnKeluar, pilih Events  -> Action ->   actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :


private void mnKeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
System.exit(0);
    }

20. Klik Kanan pada mnProduk, pilih Events   ->   Action  -> actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :


private void mnProdukActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
Form_Produk produk = new Form_Produk();

        produk.setLocationRelativeTo(null);

        produk.setVisible(true);
    }

21. Klik Kanan pada mnPegawai, pilih Events  ->   Action ->    actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :


private void mnPegawaiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
// TODO add your handling code here:
        Form_Pegawai pegawai = new Form_Pegawai();

        pegawai.setLocationRelativeTo(null);

        pegawai.setVisible(true);
    } 

22. Klik Kanan pada mnSupplier, pilih Events  ->    Action ->    actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :



private void mnSupplierActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                          
        // TODO add your handling code here:
        Form_Supplier supplier = new Form_Supplier();

        supplier.setLocationRelativeTo(null);

        supplier.setVisible(true);
    }

23. Klik Kanan pada mnKategori, pilih Events     -> Action  ->    actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :


private void mnKategoriActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                           
        // TODO add your handling code here:
Form_Kategori kategori = new Form_Kategori();

        kategori.setLocationRelativeTo(null);

        kategori.setVisible(true);
    }      

24. Klik Kanan pada mnPesanan, pilih Events  ->    Action  ->   actionPerformed
Ketik Script dibawah ini :


private void mnPesananActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
Form_Pesanan pesanan = new Form_Pesanan();

        pesanan.setLocationRelativeTo(null);

        pesanan.setVisible(true);
    }         



Selesai :)







Jika ada pertanyaan silakan berkomentar.
Jangan Lupa like dan share.
Belajar Pemrograman di fajaryusuf.com aja. :)



MATERI JAVA NETBEANS

Untuk kalian yang baru belajar java netbeans belajarlah dari materi pertama :
Materi ke-1 : Teori Java Netbeans
Materi ke-2 : Konsep Dasar Class Object
Materi ke-3 : Encapsulation
Materi ke-4 : Pewarisan
Materi ke-5 : Polymorpishm
Materi ke-6 : JFrame dan Objek
Materi ke-7 : Operator
Materi ke-8 : Percabangan
Materi ke-9 : Perulangan
Materi ke-10 : Dasar SQL Java
Materi ke-11 : Pembuatan Aplikasi Supply Part 1
Materi ke-12 : Pembuatan Aplikasi Supply Order Part 2
Materi ke-13 : Pembuatan Aplikasi Supply Order Part 3
Materi ke-14 : Pembuatan Aplikasi Supply Order Final

Comments

Anonymous said…
tutorialnya lengkap dan jelas. sangat nembantu
Unknown said…
wah tutorialnya lengkap gan mantap. Makasih infonya
FajarYusuf said…
ini part 4 gan
DOA YABES said…
Utk codingan login ya
Ko masih tetap merah ya gan
?
Apa harus buat form login lagi gtu
Sudah ikutin cara yg di atas tpi tetap pas waku masukkan coding ya selalu muncul warna merah knp ya? Mohon utk penjelasanya
Thnjs
FajarYusuf said…
Coba agan download file hasil latihannya saja gan,lalu dicocokan apa yang salah :)

Popular posts from this blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog : Ngblog Menulis sebuah artikel dan dikomentari dengan link aktif/promosi produk dan kata kata spam lainnya memang tidak mengenakan anda mungkin akan sangat merasa kecewa sekali, anda mungkin seperti menulis sebuah artikel namun tidak dihargai karyanya oleh orang lain. Mungkin membuat aturan berkomentar di blog adalah salah 1 cara menetralisirnya, mungkin jika ada aturan tersebut orang berpikir 2 kali untuk meninggalkan komentar Spam, lalu bagaimana cara membuat aturan komentar tersebut? langsung saja kita praktekan Ikuti langkah berikut : Login ke bloger,masuk ke blog yang anda inginkan, Klik Setelan -> POS-KOMENTAR   Scroll kebawah dan cari menu "pesan formulir komentar" klik tambahkan , dan isi kolom sesuai keinginan kalian atau peraturan yang kalian inginkan.  Setelah selesai silakan klik simpan setelan dipojok kanan atas. Lihat hasilnya di blog kalian ,akan seperti ini : Jika ada pertanyaan...

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl; ...

Array Pada Golang

Array Array adalah sebuah urutan bernomor elemen type tunggal dengan panjang yang tetap. Di Go bisa digunakan array seperti koding ini: var x [5] int Arti dari baris diatas yaitu x adalah contoh variabel array yang terdiri dari 5 urutan bertipe integer. Mari kita coba membuat codingan array  kalian bisa mencobanya klik disini  : package main import "fmt" func main() { var x [5]int x[4] = 100 fmt.Println(x) } Kamu akan melihat hasil output ini: [0 0 0 0 100] x [4] = 100 jika dibaca akan seperti ini "mengatur elemen ke-5 dari array x menjadi 100". Kelihatannya agak aneh bahwa x [4] mewakili elemen ke-5 dan bukannya yang ke-4. Untuk urutan array tidak sama seperti string, array diindeks mulai dari 0 .  Kita bisa mengubah fmt.Println (x) menjadi fmt.Println (x [4]) dan kita juga akan mendapatkan hasil yang sama yaitu 100. Berikut ini contoh program lain yang menggunakan array: package main import "fmt" func main() { var x [5]flo...