Skip to main content

Tips Reset BIOS Komputer

Tips Reset BIOS Komputer 


Apakah Anda pernah melaksanakan reset BIOS? Artikel Langkah Reset BIOS Komputer ini bakal membahasanya. Reset BIOS mempunyai manfaat untuk kembalikan peranan BIOS ke model default. Hal semacam ini bisa dipakai untuk menyingkirkan password yang disetting lewat BIOS atau mungkin dengan maksud clear BIOS yang lain.

Fungsi dari reset BIOS
  •     Reset BIOS diperlukan bila berlangsung kekeliruan dalam penyusunan BIOS hingga dibutuhkan mengembalikan BIOS dalam seting awal.
  •     Waktu lakukan upgrade atau downgrade processor. Pergantian processor bisa mengakibatkan motherboard tidak bisa bekerja. Hal semacam ini dikarenakan oleh setting BIOS lama masih tetap membaca bus clock serta ratio processor yang lama. Tetapi, Anda tak perlu cemas lantaran pada motherboard paling baru sudah ada feature autodetection
  •      BIOS pada komputer terpassword baik dikarenakan lupa ataupun di password kawan yang tengah iseng. Clear password adalah langkah termudah untuk menyingkirkan password yang sudah di buat.
Reset BIOS adalah pengetahuan dasar untuk seseorang teknisi komputer. Saya rasa pembaca sudah mengetahui langkah reset BIOS pada komputer. Namun tak ada kelirunya bila kita catat kembali untuk menolong kawan-kawan yang belum bisa lakukan Reset BIOS.


Cara Melakukan Reset BIOS
  1.     Lepas CPU dari sumber listrik lewat langkah mencabut kabel power dari stop kontak dan silahkan cabut kabel power 24 pin (kabel power suplai) dari motherboard PC Anda.
  2.     Silahkan tunggulah berapa waktu supaya listrik betul-betul hilang dari motherboard Anda. Untuk mempercepatnya Anda bisa menekan tombol power CPU agak lama. Hal semacam ini dimaksudkan untuk menghabiskan semua tegangan bekas yang tersimpan di sebagian komponen CPU seperti condensator electrolit pada motherboard.
  3.     Pada tubuh motherboard silahkan mencari tombol atau jumper yang ada tulisan CLR CMOS. Kebanyakan ada dekat dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini umumnya terbagi dalam 2 type yakni ada yang memakai 2 pin atau 3 pin. Bila memakai tombol, tekan tombol clearnya. Tetapi, bila type jumper 3 pin, sialkan Anda pindahkan posisi jamper ke segi lainnnya. Serta untuk type jumper 2 pin, Anda tinggal menjumper ke-2 pin itu. Bila Anda tak mempunyai jumper Anda bisa menshortkan ke-2 pin itu memakai obeng standard, saya sendiri umumnya memakai ujung ballpoint. Pokoknya yaitu supaya ke-2 pin terjadi short. Tunggulah beberapa waktu.
  4.     Lalu kembalikanlah posisi jumper ke posisi awal mulanya. Cabut jumper untuk type 2 pin atau kembalikan jumper ke tempat diawalnya untuk yang memakai 3 pin.
  5.     Gunakan kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard lalu sambungkan kembali kabel power ke stop kontak. Silahkan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, jika reset BIOS sukses jadi setting BIOS bakal kembali pada model default.
Bila masih belum sukses silahkan ulangilah langkah di atas, jika belum sukses juga silahkan ikuti langkah berikut
  •     Kerjakan langkah 1-2 serta lalu cabut baterai BIOS baru kerjakanlah kembali langkah ke 3-5.
  •     Jika belum berhasil juga silahkan ulangilah langkah 1-2, serta cabutlah semuanya kabel power suplai pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) komputer. Stelah itu silahkan ulangilah langkah ke 3-5.
  •     Langkah paling akhir bila segala cara itu belum sukses juga yaitu kembali jalankanlah langkah ke 1-2, serta silahkan lepaskan seluruh komponen yang ada pada motherboard yakni Processor, RAM serta Card yang lain seperti VGA Card, Sound Card serta yang lain. Lantas bersihkan motherboard dari kotoran lalu ulangilah langkah 3 di atas, kali ini diamkan sepanjang lebih kurang 30 menit. Kemudian baru ulangilah langkah 3-5.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl;
Les rumeurs sur les rencontres avec RM ont d’abord été propagées par un YouTuber, qui a déclaré que RM sortait avec une femme du cercle non-célébrité, mais qu’elle était riche.  La rumeur est née à cause d’une photo de RM avec un caniche, qui aurait appartenu à la femme. Les rumeurs se sont rapidement propagées sur internet et ont fait se demander nombre de fans: est-il vrai que le leader du groupe BTS a un amant? RM a ensuite répondu aux rumeurs via Weteverse jeudi 30/12/201. “Je ne connais pas du tout cette personne. Le caniche est le caniche de mon ami,” a déclaré RM, cité à partir d’un t weet  appartenant à @btsinthemoment. namjoon weverse moment 🐨 i dont know the person at all and the poodle is my friends poodle ^^; pic.twitter.com/okz0AIpVnc — 윤서⁷ (@btsinthemoment) December 31, 2021 Big Hit a également nié les allégations dans une déclaration publiée par  AllKPop .  “Les rumeurs de rencontres sur RM ne sont pas vraies,” a déclaré Big Hit, vendredi (31/12). Et apparemment, dans

Opisyal na Inilabas ni Adele ang Bagong Album na "30"

Opisyal na inilabas ni Adele ang kanyang pinakabagong album na pinamagatang “30” noong Biyernes (11/19/2021).  Nakatanggap ang bagong album ng mgapositibong pagsusuri mula sa mga kritiko ng musika. Ayon sa Rolling Stone , ang “30” ay ang pinakamahusay na album ni Adele. Mayroong 12 kanta sa “30” album na ito, isa na rito ang hit single na pinamagatang  Easy On Me .  Sa simula ng album, maririnig mo ang  Strangers By Nature— isang kantang puno ng patula na liriko. At sa dulo ay ang kantang  Love Is A Game , na nagsasalaysay ng karanasan ni Adele sa sakit na dulot ng pag-ibig. Sa  Metacritic  , nakatanggap ang bagong album ni Adele ng  metascore  na 89% mula sa 12  review  at nasa numero 8 sa listahan ng  Best Albums ng 2021 .  Habang nasa Apple Music Indonesia, ang LP “30” ay unang niraranggo sa Mga   Nangungunang Album. Adele sa British Vogue magazine (instagram.com/britishvogue). Ang album na ito ay inspirasyon ng diborsiyo ni Adele kay Simon Konecki. Sa isang pakikipanayam sa