Skip to main content

TEKNOLOGI ADALAH

Teknologi adalah

TEKNOLOGI ADALAH

Pengertian Teknologi 

Teknologi adalah berbagai macam keperluan serta sarana yang memiliki bentuk beraneka macam seperti peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan juga kemudahan bagi penggunanya.

Teknologi berasal dari kata technologia yang berasal dari bahasa yunani. Techno artinya keahlian dan logia artinya pengetahuan. Awal kemunculan kata teknologi bermakna terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin.

Dengan berjalannya waktu maka makna dari teknologi mengalami perubahan dan perluasan makna. Teknologi tidak terbatas pada benda berwujud, tetapi juga benda yang tidak berwujud. Misalnya perangkat lunak, sebuah mertode, metode pembelajaran, metode keuangan, dan lain sebagainya.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Teknologi merupakan kegiatan pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan masalah dan persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.(M Maryono).
  • Teknologi adalah segala metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap segala kegiatan manusia (Jacques Ellil).
  • Teknologi adalah sebuah penerapan berbagai macam ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah (Gary J. Anglin).
  • Teknologi adalah suatu entitas benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui proses perbuatan, pemikiran untuk mencapai suatu nilai. (NN)

Ringkasan :

Teknologi adalah berbagai macam alat, mesin, cara, proses, kegiatan juga gagasan yang diciptakan untuk mempermudah segala kegiatan dan aktifitas manusia dalam kehidupannya sehari hari.

Manusia bisa menggunakan berbagai macam teknologi dalam bidang komunikasi, pembelajaran, penjualan, pembelian, pengamanan data dan sebagainya. Definisi teknologi sangat luas, setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk bisa memahami maknanya.

Kesimpulannya teknologi tidak terbatas hanya pada smartphone, laptop, komputer saja. Peralatan sederhana yang lainnya seperti garpu, sendok, kursi, meja, kaca pun adalah bagian dari teknologi.

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi

Selama ribuan tahun yang lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, tetapi bentuk-bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa sekarang ini.

Masa pra-Sejarah
Pada masa prasejarah, teknologi yang ada hanya terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal pada zaman prasejarah contohnya adalah Pedang, Tombak dan Bejana Perunggu.

Teknologi Jaman Kuno
Pada Jaman Kuno teknologi sudah mulai berkembang ke arah kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengetahui caranya bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap yang rumit. Contohnya Kapal, Mercusuar, Piramid dan Candi.

Teknologi Abad Pertengahan Sampai Era Modern
Pada masa Abad Pertengahan dan Era Modern ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan pesat, hal ini ditandai dengan adanya berbagai macam penemuan, seperti pada bidang-bidang astronomi, medis, militer, matematika hingga ilmu kartografi. Contohnya mesin cetak, busur silang,  aljabar dan navigasi kapal.

Teknologi Pada Era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi di Era Revolusi Industri sudah mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai macam jenis mesin sudah berhasil dibuat yang kemudian bisa menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakalnya perkembangan teknologi di masa sekarang ini. Contohnya Mobil pada generasi awal, telepon, mesin tenun, telegrap, mesin uap dan sepeda.

Teknologi di Abad 20an
Pada masa Abad 20an ini. Neil Amstrong sudah bisa mendarat di bulan. Teknologi dalam bidang lain pun sangat berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom sudah terciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga sudah ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai dipasarkan untuk umum dan komersil.

Perkembangan Teknologi Abad 21an
Pada masa Abad 21an ini, berbagai macam teknologi sudah mulai dikembangkan lagi. Mulai dari teknologi yang diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga, sosial, pendidikan, teknologi informasi, dan hal lainnya.

Jenis-Jenis Teknologi

Perkembangan Teknologi dapat dilihat dari beraneka macam inovasi teknologi yang ada pada saat ini. Kemajuan teknologi menyentuh berbagai macam bidang, yaitu :

Teknologi Pada Bidang Ekonomi
Kemajuan teknologi pada bidang ekonomi ini berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Pada jaman dulu orang melakukan transaksi secara real atau nyata, yaitu dengan berhadapan antara pembeli dengan penjual, dimasa sekarang beralih menjadi transaksi online. Selain itu, sistem keuangan juga berubah menjadi e-money.

Teknologi Pada Bidang Pangan
Sistem pangan yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pangan pada zaman dahulu contohnya pada pertanian, mulai dari bibit, sistem menanamnya, serta teknik menanamnya.

Teknologi Pada Bidang Informasi
Kemajuan pada bidang informasi ini ditandai dengan mudahnya kita mendapatkan informasi melalui Internet dengan berbagai media perangkat teknologi yang ada seperti smartphone.

Teknologi Pada Bidang Komunikasi
Kemajuan pada bidang komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk saling berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang sangat jauh.

Teknologi Pada Bidang Transportasi
Kemajuan pada bidang transportasi ini adalah dengan adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut berbagai macam barang atau bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah.

Teknologi  Pada Bidang Medis
Kemajuan dalam bidang medis ini adalah ditemukannya berbagai macam alat-alat vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Teknologi Pada Bidang Pendidikan
Kemajuan pada bidang pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik dan effesien, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.

Comments

impilo said…
gan, makasih artikelnya sangat membantu. gan share cara pake aplikasi devc++ buat pemogramn
mantap bang menambah pengetahuan buat saya yang awam ini
Hallo boss, Terimakasih atas kunjungannya ke blog Cendekiawan santri kami,
semoga dapat menjalin silaturrahmi..

Saya sangat setuju dengan definisi teknologi yg antum sajikan,,
salam silaturrahmi Para Cendekiawan

TTD
Cendekiawan-santri.blogspot.com
FajarYusuf.Com said…
Salam hangat juga dari saya :)

Popular posts from this blog

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl;
Les rumeurs sur les rencontres avec RM ont d’abord été propagées par un YouTuber, qui a déclaré que RM sortait avec une femme du cercle non-célébrité, mais qu’elle était riche.  La rumeur est née à cause d’une photo de RM avec un caniche, qui aurait appartenu à la femme. Les rumeurs se sont rapidement propagées sur internet et ont fait se demander nombre de fans: est-il vrai que le leader du groupe BTS a un amant? RM a ensuite répondu aux rumeurs via Weteverse jeudi 30/12/201. “Je ne connais pas du tout cette personne. Le caniche est le caniche de mon ami,” a déclaré RM, cité à partir d’un t weet  appartenant à @btsinthemoment. namjoon weverse moment 🐨 i dont know the person at all and the poodle is my friends poodle ^^; pic.twitter.com/okz0AIpVnc — 윤서⁷ (@btsinthemoment) December 31, 2021 Big Hit a également nié les allégations dans une déclaration publiée par  AllKPop .  “Les rumeurs de rencontres sur RM ne sont pas vraies,” a déclaré Big Hit, vendredi (31/12). Et apparemment, dans

Opisyal na Inilabas ni Adele ang Bagong Album na "30"

Opisyal na inilabas ni Adele ang kanyang pinakabagong album na pinamagatang “30” noong Biyernes (11/19/2021).  Nakatanggap ang bagong album ng mgapositibong pagsusuri mula sa mga kritiko ng musika. Ayon sa Rolling Stone , ang “30” ay ang pinakamahusay na album ni Adele. Mayroong 12 kanta sa “30” album na ito, isa na rito ang hit single na pinamagatang  Easy On Me .  Sa simula ng album, maririnig mo ang  Strangers By Nature— isang kantang puno ng patula na liriko. At sa dulo ay ang kantang  Love Is A Game , na nagsasalaysay ng karanasan ni Adele sa sakit na dulot ng pag-ibig. Sa  Metacritic  , nakatanggap ang bagong album ni Adele ng  metascore  na 89% mula sa 12  review  at nasa numero 8 sa listahan ng  Best Albums ng 2021 .  Habang nasa Apple Music Indonesia, ang LP “30” ay unang niraranggo sa Mga   Nangungunang Album. Adele sa British Vogue magazine (instagram.com/britishvogue). Ang album na ito ay inspirasyon ng diborsiyo ni Adele kay Simon Konecki. Sa isang pakikipanayam sa