Skip to main content

Perintah loncat atau Goto PASCAL

Goto PASCAL

Perintah loncat ( Goto )

Perintah loncat pada Pascal adalah statement Goto. Peintah ini berfungsi untuk loncat ekseksi ke sebuah pernyataan yang dideklarasikan oleh Label.

Bentuk penulisan goto :

Goto Label;


Label harus berada didalam blok yang sama dengan pernyataan Goto. Karena goto tidak bisa digunakan untuk melompat keluar dari dalam procedure atau function. Suatu Label harus dideklarasikan pada bagian deklarasi Label.

Bentuk Penulisan label:

Label identifier,
...
identifier;



Contoh program goto atau loncat yang pertama bisa dicoba program sederhana menghitung nilai rata-rata berikut :

Program penggunaan_GoTo_Label;
Uses Crt;
Label atas;
Var
nil1, nil2 : Integer;
nilRata : Real;
Lagi : Char;
Begin
atas:
ClrScr;
WriteLn ('Program Hitung Nilai');
WriteLn ('--------------------');
WriteLn;
Write ('Masukan Nilai 1 : ');
ReadLn (nil1);
Write ('Masukan Nilai 2 : ');
ReadLn (nil2);
nilRata := (nil1 + nil2)/2;
WriteLn ('Nilai Rata - Rata : ',nilRata:5:2);
WriteLn;
Write ('Ingin Hitung Lagi[Y/T] : ');
ReadLn (Lagi);
If (Lagi in ['Y','y']) Then
GoTo atas;
End.

Goto PASCAL
hasil coding, pada contoh saya menginput Y untuk kembali keatas dan program mulai kembali(goto loncat ke atas) , dan kedua saya menginput T dan program berakhir.



Contoh program goto atau loncat yang kedua bisa dicoba program menghitung luas persegi luas segitiga dan luas lingkaran berikut ini :

Program contohLabel;
Uses Crt;
Label menu, luasPersegi, luasSegiTiga, luasLingkaran, keluar;
Const phi = 3.14;
var
s : Integer;
p,l,luasP : Integer;
a,t,luasS : Real;
r,luasL : Real;
Begin
Clrscr;
Goto menu;
menu:
 Begin
 Writeln ('Menu Menghitung Luas');
 Writeln ('=====================');
 Writeln ('1. Luas Persegi');
 Writeln ('2. Luas Segi Tiga');
 Writeln ('3. Luas Lingkaran');
 Writeln ('4. Keluar');
 Write ('Masukkan Pilihan Menu [1-4] : '); Readln(s);
 Writeln;
If (s = 1) Then
Goto luasPersegi;
If (s = 2) Then
Goto luasSegiTiga;
If (s = 3) Then
Goto luasLingkaran;
If (s = 4) Then
Goto keluar;
 End;
luasPersegi:
 Begin
 Writeln ('Menghitung Luas Persegi');
 Writeln ('=======================');
 Write ('Masukkan Panjang : '); Read(p);
 Write ('Masukkan Lebar : '); Read(l);
 luasP := p * l;
 Write ('Luas Persegi Panjang : ', luasP);
 Writeln;
 Goto menu;
 End;
luasSegiTiga:
 Begin
 Writeln ('Menghitung Luas Segi Tiga');
 Writeln ('=========================');
 Write ('Masukkan Alas : '); Read(a);
 Write ('Masukkan Tinggi : '); Read(t);
 luasS := 0.5 * a * t;
 Write ('Luas Segitiga : ', luasS:3:2);
 Writeln;
 Goto menu;
 End;
 luasLingkaran:
 Begin
 Writeln ('Menghitung Luas Lingkaran');
 Writeln ('=========================');
 Write('Masukkan Jari-jari : ');read(r);
 luasL := phi * r * r;
 Write('Luas Lingkaran : ', luasL:3:2);
 Writeln;
 Goto menu;
 End;
 keluar:
End.


Goto PASCAL
hasil coding , program akan menampilkan pilihan menu , dan menu tersebut akan sesuai dengan pilihan 1,2,3,4 sesuai inputan yang kita masukkan akan loncat ke label / menu tersebut.





MATERI PASCAL

Jika kalian baru dalam pembelajaran pemrograman Pascal, Silakan belajar dari materi pertama :

Comments

Popular posts from this blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog : Ngblog Menulis sebuah artikel dan dikomentari dengan link aktif/promosi produk dan kata kata spam lainnya memang tidak mengenakan anda mungkin akan sangat merasa kecewa sekali, anda mungkin seperti menulis sebuah artikel namun tidak dihargai karyanya oleh orang lain. Mungkin membuat aturan berkomentar di blog adalah salah 1 cara menetralisirnya, mungkin jika ada aturan tersebut orang berpikir 2 kali untuk meninggalkan komentar Spam, lalu bagaimana cara membuat aturan komentar tersebut? langsung saja kita praktekan Ikuti langkah berikut : Login ke bloger,masuk ke blog yang anda inginkan, Klik Setelan -> POS-KOMENTAR   Scroll kebawah dan cari menu "pesan formulir komentar" klik tambahkan , dan isi kolom sesuai keinginan kalian atau peraturan yang kalian inginkan.  Setelah selesai silakan klik simpan setelan dipojok kanan atas. Lihat hasilnya di blog kalian ,akan seperti ini : Jika ada pertanyaan...

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl; ...

Array Pada Golang

Array Array adalah sebuah urutan bernomor elemen type tunggal dengan panjang yang tetap. Di Go bisa digunakan array seperti koding ini: var x [5] int Arti dari baris diatas yaitu x adalah contoh variabel array yang terdiri dari 5 urutan bertipe integer. Mari kita coba membuat codingan array  kalian bisa mencobanya klik disini  : package main import "fmt" func main() { var x [5]int x[4] = 100 fmt.Println(x) } Kamu akan melihat hasil output ini: [0 0 0 0 100] x [4] = 100 jika dibaca akan seperti ini "mengatur elemen ke-5 dari array x menjadi 100". Kelihatannya agak aneh bahwa x [4] mewakili elemen ke-5 dan bukannya yang ke-4. Untuk urutan array tidak sama seperti string, array diindeks mulai dari 0 .  Kita bisa mengubah fmt.Println (x) menjadi fmt.Println (x [4]) dan kita juga akan mendapatkan hasil yang sama yaitu 100. Berikut ini contoh program lain yang menggunakan array: package main import "fmt" func main() { var x [5]flo...