Skip to main content

Program C# Unity : Materi 24 - Nav Mesh Agent


Salah satu fitur yang disediakan NavMeshAgent adalah Path Finding, PF berguna untuk menemukan posisi target dengan menelusuri jalur terpendek.




MULAI



1. Tambahkan 3 Objek,  Alas(Cube), si Bola(Sphere) dan si Target(Capsule). Atur posisi seperti pada gambar di atas.
2. Buat C# Baru "LatihanNav"
3. Berikan script tersebut ke objek si Bola.




Buka jendela Navigation, jika belum ada pilih Window - Navigation.




Saatnya membuat jalur pathfinding pada objek alas, klik objek alas lihat jendela  inspektor. Pada jendela inspektor ceklis kotak "Navigation Static" dan klik Bake untuk memulai.





Maka hasilnya seperti gambar di atas.




Agar si Bola dapat menemukan jalur berikan komponen Nav Mesh Agent, Component - Navigation - Nav Mesh Agent.

Buka script "LatihanNav" dan tuliskan listing program berikut :

A. LatihanNav.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class LatihanNav : MonoBehaviour {

                public Transform targetPos;
                NavMeshAgent nav;
               
                void Awake () {
                                nav = GetComponent<NavMeshAgent>();
                }

                void Update () {
                                nav.SetDestination(targetPos.position);
                }

}

Penjelasan :
Pertama dideklarasikan terlebih dahulu posisi target menggunkan Transform.

NavMeshAgent nav
Adalah pendeklarasian komponen NavMeshAgen dengan nama variabel nav.

nav = GetComponent<NavMeshAgent>()
Variabel nav mengakses komponen NavMeshAgent yang ada pada objek bola.

nav.SetDestination(targetPos.position)
variabel nav membuat target posisi yaitu posisi objek si Target.





Klik si Bola dan lihat script Latihan Nav pada jendela inspektor. Masukkan objek si Target ke kotak Target Pos.




Jalankan game dan si Bola akan bergerak menuju si target.





SELESAI









Comments

Popular posts from this blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog : Ngblog Menulis sebuah artikel dan dikomentari dengan link aktif/promosi produk dan kata kata spam lainnya memang tidak mengenakan anda mungkin akan sangat merasa kecewa sekali, anda mungkin seperti menulis sebuah artikel namun tidak dihargai karyanya oleh orang lain. Mungkin membuat aturan berkomentar di blog adalah salah 1 cara menetralisirnya, mungkin jika ada aturan tersebut orang berpikir 2 kali untuk meninggalkan komentar Spam, lalu bagaimana cara membuat aturan komentar tersebut? langsung saja kita praktekan Ikuti langkah berikut : Login ke bloger,masuk ke blog yang anda inginkan, Klik Setelan -> POS-KOMENTAR   Scroll kebawah dan cari menu "pesan formulir komentar" klik tambahkan , dan isi kolom sesuai keinginan kalian atau peraturan yang kalian inginkan.  Setelah selesai silakan klik simpan setelan dipojok kanan atas. Lihat hasilnya di blog kalian ,akan seperti ini : Jika ada pertanyaan...

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl; ...

Array Pada Golang

Array Array adalah sebuah urutan bernomor elemen type tunggal dengan panjang yang tetap. Di Go bisa digunakan array seperti koding ini: var x [5] int Arti dari baris diatas yaitu x adalah contoh variabel array yang terdiri dari 5 urutan bertipe integer. Mari kita coba membuat codingan array  kalian bisa mencobanya klik disini  : package main import "fmt" func main() { var x [5]int x[4] = 100 fmt.Println(x) } Kamu akan melihat hasil output ini: [0 0 0 0 100] x [4] = 100 jika dibaca akan seperti ini "mengatur elemen ke-5 dari array x menjadi 100". Kelihatannya agak aneh bahwa x [4] mewakili elemen ke-5 dan bukannya yang ke-4. Untuk urutan array tidak sama seperti string, array diindeks mulai dari 0 .  Kita bisa mengubah fmt.Println (x) menjadi fmt.Println (x [4]) dan kita juga akan mendapatkan hasil yang sama yaitu 100. Berikut ini contoh program lain yang menggunakan array: package main import "fmt" func main() { var x [5]flo...