Skip to main content

Program C# Unity : Materi 26 - OnTrigger

Seperti halnya method OnCollision, method OnTrigger juga digunakan untuk mendeteksi objek yang berbenturan, tapi ada perbedaan yaitu Method OnTrigger hanya dapat digunakan ketika "Is Trigger" diaktifkan pada salah satu objek.

Is Trigger berfungsi agar kedua objek yang berbenturan dan meski berbenturan kedua objek tetap dapat saling menembus.

Ada 3 jenis kondisi pada Method OnTrigger, yaitu :
void OnTriggerEnter, Kondisi ketika objek mulai berbenturan dengan collider. 
void OnTriggerStay, Kondisi ketika objek berada di dalam area collider.
void OnTriggerExit, Kondisi ketika objek keluar dari area.



MULAI
Momon akan mencoba membuat contoh sederhana yaitu sebuah pendeteksi jika ada objek yang memasuki daerah batasan.




1. Tambah 3 buah objek, Alas(Cube), si Bola(Sphere) dan Directional Light.
2. Buat C# Script "LatihanTrigger"




Klik si Bola dan atur Radius Collider menjadi lebih besar, Collider ini nantinya yang akan mendeteksi jika ada objek yang masuk ke daerah collider.

Berikan ceklis pada Is Trigger agar objek dapat menembus collider.




Tambahkan Asset Character Control, Klik assets - Import Package - Character Controller.




1. Tambahkan Firs Person Controller ke Scene
2. Tambahkan script "LatihanTrigger" ke objek First Person Controller
3. Buka script dan tuliskan listing program berikut :

A. LatihanTrigger.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class LatihanTrigger : MonoBehaviour {

                void OnTriggerEnter(Collider other){
                                if(other.gameObject.name == "Si Bola"){
                                                other.gameObject.renderer.material.color = Color.red;
                                }
                }
               
                void OnTriggerExit(Collider other){
                                if(other.gameObject.name == "Si Bola"){
                                                other.gameObject.renderer.material.color = Color.white;
                                }
                }

}

Penjelasan :

void OnTriggerEnter(Collider other)
Adalah nama Method dari OnTrigger dan other adalah nama variabel dengan tipe Collider. varibel ini digunakan untuk mendeteksi objek.

if(other.gameObject.name == "Si Bola")
Jika objek yang ditubruk adalah objek dengan nama Si Bola, maka jalankan event untuk merubah warna.


Jalankan game dan coba masuk ke area collider, maka bola berubah jadi warna merah.




Kemudian coba keluar dari area collider, maka warna bola kembali seperti semula.



SELESAI





Comments

Popular posts from this blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog : Ngblog Menulis sebuah artikel dan dikomentari dengan link aktif/promosi produk dan kata kata spam lainnya memang tidak mengenakan anda mungkin akan sangat merasa kecewa sekali, anda mungkin seperti menulis sebuah artikel namun tidak dihargai karyanya oleh orang lain. Mungkin membuat aturan berkomentar di blog adalah salah 1 cara menetralisirnya, mungkin jika ada aturan tersebut orang berpikir 2 kali untuk meninggalkan komentar Spam, lalu bagaimana cara membuat aturan komentar tersebut? langsung saja kita praktekan Ikuti langkah berikut : Login ke bloger,masuk ke blog yang anda inginkan, Klik Setelan -> POS-KOMENTAR   Scroll kebawah dan cari menu "pesan formulir komentar" klik tambahkan , dan isi kolom sesuai keinginan kalian atau peraturan yang kalian inginkan.  Setelah selesai silakan klik simpan setelan dipojok kanan atas. Lihat hasilnya di blog kalian ,akan seperti ini : Jika ada pertanyaan...

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl; ...

Array Pada Golang

Array Array adalah sebuah urutan bernomor elemen type tunggal dengan panjang yang tetap. Di Go bisa digunakan array seperti koding ini: var x [5] int Arti dari baris diatas yaitu x adalah contoh variabel array yang terdiri dari 5 urutan bertipe integer. Mari kita coba membuat codingan array  kalian bisa mencobanya klik disini  : package main import "fmt" func main() { var x [5]int x[4] = 100 fmt.Println(x) } Kamu akan melihat hasil output ini: [0 0 0 0 100] x [4] = 100 jika dibaca akan seperti ini "mengatur elemen ke-5 dari array x menjadi 100". Kelihatannya agak aneh bahwa x [4] mewakili elemen ke-5 dan bukannya yang ke-4. Untuk urutan array tidak sama seperti string, array diindeks mulai dari 0 .  Kita bisa mengubah fmt.Println (x) menjadi fmt.Println (x [4]) dan kita juga akan mendapatkan hasil yang sama yaitu 100. Berikut ini contoh program lain yang menggunakan array: package main import "fmt" func main() { var x [5]flo...