Skip to main content

Program C# Unity : Materi 28 - PlayerPrefs


Sangat penting di dalam sebuah game terdapat fitur untuk menyimpan data pemain, dengan adanya fitur ini pemain dapat melanjutkan permainan tanpa harus memulai permainan dari awal.

Ada beberapa perintah yang biasa digunakan untuk menyimpan data salah satunya adalah PlayerPrefs. Umumnya ada 3 data yang bisa disimpan menggunaka perintah ini yaitu Integer, Float dan String,

PlayerPrefs.SetInt("Kunci Integer", nilai integer);
PlayerPrefs.SetFloat("Kunci Float", nilai float);
PlayerPrefs.SetString("Kunci String", "nilai string");




MULAI
Vcg akan membuat implementasi dimana user memasukkan Nama ke komponen Text Field, kemudian user menekan tombol "Save Data" maka data disimpan. Setelah itu ditekan tombol "Load Data" maka data yang tersimpan sebelumnya akan ditampilkan.



Tambahkan UI Panel ubah nama menjadi "Panel Save Load".



Tambahkan 2 UI button ke dalam panel.



Tambahkan juga UI InputField dan UI Text, atur posisi seperti pada gambar.



Buat C# Script "SaveLoadManager", berikan script pada objek EventSystem dan tambahkan baris program berikut :

A. SaveLoadManager.cs
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;

public class SaveLoadManager : MonoBehaviour {

                public InputField inputField;
                public Text textOutput;
               
                public void TombolSave(){
                                string nama = inputField.text;
                               
                                PlayerPrefs.SetString("Name", nama);
                }
               
                public void TombolLoad(){
                                string loadNama = PlayerPrefs.GetString("Name");
                               
                                textOutput.text = "" + loadNama;
                }

}

Penjelasan :

InputField inputField
UI InputField dideklarasikan karena text atau inputan dari user akan disimpan (save) oleh perintah PlayerPrefs.

string nama = inputField.text;
variabel nama akan mengambil text yang sudah diinput oleh user.

PlayerPrefs.SetString("Name", nama);
Ini adalah baris program yang digunakan untuk menyimpan data menggunakan kunci. "Name" adalah kunci dan nama adalah data yang akan disimpan.

PlayerPrefs.GetString("Name")

Ini Adalah baris perintah untuk mengambil nilai yang ada pada kunci "Name".




Saatnya menambahkan method ke UI Button :
1. Klik Button Save, lihat jendela inspektor - Button (Script) - On Click()
2. Klik + untuk menambahkan
3. Masukkan EventSystem ke kotak On Click()



Masih pada objek Button Save, klik No Function - Cari Nama Script - pilih nama Method untuk Button Save.

Tambahkan juga Method TombolLoad pada Button Load.



Klik EventSystem masukkan UI InputField ke kotak Input Field dan masukkan juga UI Text ke kotak Text Output pada script.



Jalankan game dan coba masukkan kata pada bagian Input Field, jika sudah tekan tombol Save Data untuk menyimpan dan tekan tombol Load Data untuk menampilkan data yang disimpan.



Selamat mencoba.



SELESAI


Comments

Popular posts from this blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog

Menambahkan Peraturan Komentar Pada Blog : Ngblog Menulis sebuah artikel dan dikomentari dengan link aktif/promosi produk dan kata kata spam lainnya memang tidak mengenakan anda mungkin akan sangat merasa kecewa sekali, anda mungkin seperti menulis sebuah artikel namun tidak dihargai karyanya oleh orang lain. Mungkin membuat aturan berkomentar di blog adalah salah 1 cara menetralisirnya, mungkin jika ada aturan tersebut orang berpikir 2 kali untuk meninggalkan komentar Spam, lalu bagaimana cara membuat aturan komentar tersebut? langsung saja kita praktekan Ikuti langkah berikut : Login ke bloger,masuk ke blog yang anda inginkan, Klik Setelan -> POS-KOMENTAR   Scroll kebawah dan cari menu "pesan formulir komentar" klik tambahkan , dan isi kolom sesuai keinginan kalian atau peraturan yang kalian inginkan.  Setelah selesai silakan klik simpan setelan dipojok kanan atas. Lihat hasilnya di blog kalian ,akan seperti ini : Jika ada pertanyaan...

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl; ...

Array Pada Golang

Array Array adalah sebuah urutan bernomor elemen type tunggal dengan panjang yang tetap. Di Go bisa digunakan array seperti koding ini: var x [5] int Arti dari baris diatas yaitu x adalah contoh variabel array yang terdiri dari 5 urutan bertipe integer. Mari kita coba membuat codingan array  kalian bisa mencobanya klik disini  : package main import "fmt" func main() { var x [5]int x[4] = 100 fmt.Println(x) } Kamu akan melihat hasil output ini: [0 0 0 0 100] x [4] = 100 jika dibaca akan seperti ini "mengatur elemen ke-5 dari array x menjadi 100". Kelihatannya agak aneh bahwa x [4] mewakili elemen ke-5 dan bukannya yang ke-4. Untuk urutan array tidak sama seperti string, array diindeks mulai dari 0 .  Kita bisa mengubah fmt.Println (x) menjadi fmt.Println (x [4]) dan kita juga akan mendapatkan hasil yang sama yaitu 100. Berikut ini contoh program lain yang menggunakan array: package main import "fmt" func main() { var x [5]flo...