Skip to main content

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome 


Google Chrome adalah salah satu browser terbaik di dunia dan alasan utama untuk menggunakan Chrome daripada browser lainnya adalah ada banyaknya berbagai macam ekstensi yang tersedia. Google benar-benar membarikan servis terbaik dan terus melakukan penyempurnaan fitur dan kinerja pada chrome browser.

Google tengah menerbitkan sebuah developer tool atau alat pengembang yang disebut ARC welder. Tool tersebut akan sangat membantu bagi para pengembang aplikasi untuk menjalankan Aplikasi Android nya di Browser Google Chrome dan di sistem operasi Chrome. Jika Kamu seorang pengembang, Kamu dapat menggunakan aplikasi buatan Kamu di peramban Chrome untuk melakukan testing, karena ARC welder telah tersedia untuk developer saat ini.

Pertama-tama, saya ingin memberitahu Kamu bahwa ARC welder bukanlah sebuah Emulator untuk Android, ARC welder adalah suatu alat pengembang yang diciptakan untuk membantu pengembang dalam menguji Aplikasi Android mereka dalam peramban dan sistem operasi Chrome.

ARC welder adalah aplikasi gratis untuk semua orang dan siapa pun dapat menggunakan. Seperti yang saya katakan bahwa ARC welder bukanlah sebuah Emulator Android sehingga Kamu tidak dapat menginstal beberapa aplikasi dan menjalankannya secara bersama atau multitasking.

Ini adalah alat yang baru dan telah diterbitkan sehingga memiliki beberapa bug seperti beberapa aplikasi Android tidak bekerja baik dengan ARC welder, namun saya yakin Google akan segera memperbaikinya. Untuk menjalankan Android Apps di ARC welder, Kamu harus memiliki file APK dari aplikasi Android yang hendak Kamu jalankan.

Cara Menjalankan Android Apps di Browser Chrome Menggunakan ARC welder
Pertama-tama saya anggap Kamu telah men-download file APK dari aplikasi yang ingin Kamu jalankan.

Catatan: Google Playstore tidak ingin penggunanya untuk dapat menggunakan file APK sehingga Kamu tidak dapat men-download file APK dari Google Playstore.
Namun jangan khawatir ada banyak situs yang menyediakan untuk men-download file APK seperti AndroidAPKfree.com, downloader-apk.com. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa hanya cukup masuk ke situs di atas dan men-download APK file yang Kamu inginkan.

Seperti yang saya katakan di atas Kamu dapat menjalankan hanya satu aplikasi pada satu waktu dengan ARC welder. Ketika Kamu menginstal beberapa aplikasi dan menjalankan beberapa aplikasi sekailgus dalam Smartphone Android Kamu, Kamu tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi Android secara bersamaan pada ARC welder.

Sekarang silahkan Kamu Download ARC Welder dari Chrome Webstore dan menginstalnya.

Buka ARC welder dari aplikasi Chrome, saat pertama kali dibuka ARC welder akan meminta Kamu untuk memilih Folder untuk menyimpan informasi aplikasi. Buat sebuah Folder bernama ARC Welder pada  My Documents dan Pilih Folder tersebut sebagai Default folder untuk ARC Welder.

Sekarang klik pada "Add your APK", Browse dan pilih Apk File dan layar akan terbuka dalam beberapa detik, ARC welder akan menunjukkan pengaturan untuk memulai Aplikasi Kamu.

Dalam pengaturan Kamu dapat modus yaitu Phone mode atau Tablet mode sebagai orientasi aplikasi Kamu. Karena layar komputer Kamu berorientasi dalam modus landscape Kamu harus menggunakan Landscape dan Tablet mode.

Setelah pengaturan disesuaikan, klik tombol Launch App. Saat Kamu menekan tombol Launch. Aplikasi akan berjalan di jendela baru. Jika Kamu ingin menambahkan App baru klik tombol Go Back dalam jendela utama dan Tambahkan File Apk baru yang hendak Kamu jalankan.

Jangan berpikir bahwa ARC Welder untuk digunakan sebagai sebuah Emulator Android untuk menjalankan aplikasi Android pada komputer Kamu. Karena memang aplikasi ini tidak dirancang untuk itu. Aplikasi ini adalah masih dalam tahap pengembangan sehingga kita tidak dapat mengandalkan pada alat tersebut saat ini.

Semoga bermanfaat.

UPDATE:
ARC tidak lagi didukung pada platform pada 32-bit x86 dan platform tersebut tidak akan lagi menerima update setelah 13 Oktober 2015. Semua platform ARM akan terus dapat menggunakan dan menerima update.

Sehingga mungkin bagi pengguna platform 32-bit x86 akan menemui No File saat mendownload ARC Welder dari link yang saya berikan diatas.


Comments

Unknown said…
Terima kasih infonya
Widi Prayogo said…
Baru tahu gan bisa jalanin aplikasi android di chrome, ijin praktek ya gan..

Popular posts from this blog

Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner.

Hai Pembaca FajarYusuf.Com yang pintar dan berwawasan tinggi, kali ini FajarYusuf.Com akan post Contoh Program C++ : Konversi Bilangan Hexadesimal, Oktal , Biner . Mari kita membuat program konversi bilangan yang sangat mudah di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Yaitu dengan menggunakan type data long, untuk Hexadesimal dengan rumus : <<hex<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Hexadesimal) , untuk Oktal dengan rumus : <<oct<<desimal (merubah dari bilangan Desimal ke Oktal). Dan untuk biner dilakukan pembagian 2. Contoh Coding Program C++ Konversi Bilangan: #include<iostream> using namespace std; int main() { long desimal, pembagi=1073741824, bit; cout<<"Nilai Desimal : "; cin>>desimal; cout<<"Hexadesimal = "<<hex<<desimal<<endl; cout<<"Oktal = "<<oct<<desimal<<endl;
Les rumeurs sur les rencontres avec RM ont d’abord été propagées par un YouTuber, qui a déclaré que RM sortait avec une femme du cercle non-célébrité, mais qu’elle était riche.  La rumeur est née à cause d’une photo de RM avec un caniche, qui aurait appartenu à la femme. Les rumeurs se sont rapidement propagées sur internet et ont fait se demander nombre de fans: est-il vrai que le leader du groupe BTS a un amant? RM a ensuite répondu aux rumeurs via Weteverse jeudi 30/12/201. “Je ne connais pas du tout cette personne. Le caniche est le caniche de mon ami,” a déclaré RM, cité à partir d’un t weet  appartenant à @btsinthemoment. namjoon weverse moment 🐨 i dont know the person at all and the poodle is my friends poodle ^^; pic.twitter.com/okz0AIpVnc — 윤서⁷ (@btsinthemoment) December 31, 2021 Big Hit a également nié les allégations dans une déclaration publiée par  AllKPop .  “Les rumeurs de rencontres sur RM ne sont pas vraies,” a déclaré Big Hit, vendredi (31/12). Et apparemment, dans

Opisyal na Inilabas ni Adele ang Bagong Album na "30"

Opisyal na inilabas ni Adele ang kanyang pinakabagong album na pinamagatang “30” noong Biyernes (11/19/2021).  Nakatanggap ang bagong album ng mgapositibong pagsusuri mula sa mga kritiko ng musika. Ayon sa Rolling Stone , ang “30” ay ang pinakamahusay na album ni Adele. Mayroong 12 kanta sa “30” album na ito, isa na rito ang hit single na pinamagatang  Easy On Me .  Sa simula ng album, maririnig mo ang  Strangers By Nature— isang kantang puno ng patula na liriko. At sa dulo ay ang kantang  Love Is A Game , na nagsasalaysay ng karanasan ni Adele sa sakit na dulot ng pag-ibig. Sa  Metacritic  , nakatanggap ang bagong album ni Adele ng  metascore  na 89% mula sa 12  review  at nasa numero 8 sa listahan ng  Best Albums ng 2021 .  Habang nasa Apple Music Indonesia, ang LP “30” ay unang niraranggo sa Mga   Nangungunang Album. Adele sa British Vogue magazine (instagram.com/britishvogue). Ang album na ito ay inspirasyon ng diborsiyo ni Adele kay Simon Konecki. Sa isang pakikipanayam sa